BERITA


Mengenal PWK ITS


Posted on 2016-11-24 13:20:03



Departemen Perencanaan Wilayah & Kota adalah salah satu departemen yang ada di FTSP (Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan) Kampus ITS. Mulai berdiri pada bulan
Agustus 2002, program studi ini dibentuk untuk memenuhi kebutuhan di Kawasan  Timur Indonesia. Pada awal berdirinya Jurusan PWK ITS, sekitar 20 sampai  30 mahasiswa diterima melalui jalur SNMPTN. Embrio Program Studi  Perencanaan Wilayah dan Kota (Prodi PWK) ITS adalah Laboratorium  Perencanaan dan Perancangan Kota Jurusan Arsitektur ITS, yang  merupakan salah satu laboratorium di Jurusan Arsitektur ITS.   Gagasan untuk mendirikan Jurusan Planologi dilontarkan sekitar tahun 1985an oleh Dr. Ir. Herbasuki Wibowo, MUP yang saat itu menjabat Kepala Laboratorium Perencanaan dan Perancangan Kota. Gagasan ini ditindaklanjuti dengan menerima dosen baru yang berlatar belakang pendidikan Planologi, yaitu Ir. Subandrio, Ir. Sardjito, Ir. Eko Budi Santosa, dan Ir. Putu Rudy Satiawan. Namun demikian gagasan ini belum mendapat respon dan pembentukan Jurusan Planologi belum bisa terwujud pada saat itu. Gagasan tersebut kemudian dirintis kembali pada tahun 1998 dan lebih mempersiapkan diri untuk merealisasikan menjadi jurusan. Baru pada tahun 2000 Rektor ITS menyetujui pembukaan Program Studi Perencanaan Wilayah & Kota dan pada tanggal 30 Agustus 2001, melalui Surat Nomor : 2825/D/T/2001, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menerbitkan Izin Penyelenggaraan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota untuk Jenjang S-1. Studi Perencanaan Wilayah dan Kota yang berlaku selama dua tahun. Perbedaannya antara Program Studi PWK di ITS dengan PWK di kampus-kampus lain yakni terfokusnya pengajaran tentang perencanaan dan pembangunan wilayah Coastal (Pesisir) dan juga Industrial Zone (Wilayah Industri). Program Studi PWK ITS mengusung beberapa mata kuliah utama seperti Teori dan Proses Perencanaan, Perencanaan Wilayah dan Kota, Prasarana Wilayah dan Kota, Ekonomi Wilayah dan Ekonomi Kota, Transportasi, Manajemen Perkotaan, Perencanaan Kawasan Pesisir, Perancangan Kota, dan Analisis Perencanaan.

Perbedaannya antara Program Studi PWK di ITS dengan PWK di kampus-kampus lain yakni terfokusnya pengajaran tentang perencanaan dan pembangunan wilayah Coastal (Pesisir) dan juga Industrial Zone (Wilayah Industri)
karena Kampus ITS terkenal unggul dibidang kelautan. Indonesia sebagai negara yang memiliki garis pantai terpanjang kedua kurang lebih 99.000 kilometer dan juga memiliki jumlah penduduk terbanyak keempat yaitu sekitar 249,9 juta jiwa. Salah satu penerapan dalam fokusan pembangunan wilayah pesisir adalah perencanaan pembangunan pemukiman dan perumahan pesisir, perencanaan daerah pariwisata bahari, mencegah Coral Bleaching karena pembangunan dermaga atau pelabuhan dan lain-lain. Target dari Program Studi PWK ini sendiri yaitu tersertifikasinya Jurusan Perencanaan Wilayah & Kota di Institut Teknologi Sepuluh Nopember agar diakui oleh Internasional sehingga dapat bersaing di dunia internasional.   Lulusan PWK ITS memiliki kompetensi dalam hal Penyusunan Rencana Tata Ruang (skala Nasional, Wilayah, Provinsi, Kabupaten, Kota, Kawasan Khusus), Perancangan Kota (Tata Bangungan & Lingkungan, Penataan Koridor, Masterplan), Penyusunan Rencana Sektoral (Rencana Pengembangan Transportasi, Pariwisata, Pesisir, Industri, Permukiman, Perdagangan, dan lain-lain), Studi Manajemen Perkotaan (Manajemen Lahan, Lingkungan), Penyusunan Kebijakan dan Strategi Pembangunan (Integrasi Program Sektoral, penyiapan indikasi program sektoral, penyusunan rencana pembangunan jangka panjang dan jangka pendek), Penyusunan sistem informasi tata ruang (GIS untuk tata ruang dan GIS untuk analisis sektoral). Riwayat alumni lulusan PWK ITS sebagian melanjutkan S2 untuk mengambil beberapa fokusan keprofesian, ada juga yang langsung berkarir seperti bekerja di Instansi Pemerintahan (Bappenas/Bappeda, Bakosurtanal, Kementerian PU, Kementerian Dalam Negeri, Dinas Tata Kota dll), kantor lembaga-lembaga Internasional (World Bank, UNDP, UNHCS (Habitat), ILO, Asean Secretariat, Asian Development Bank), Sektor Swasta (Konsultan Perencanaan, LSI Statistik, Developer dan Kontraktor Properti, Dosen perguruan tinggi dll) dan juga di LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat).   Berderet prestasi baik dalam ajang perlombaan Karya Ilmiah dan Karya Tulis Nasional maupun Internasional telah ditorehkan mahasiswa Perencanaan Wilayah & Kota ITS. Salah satu prestasi Prodi PWK ITS yaitu pada Nopember 2012 dengan terpilihnya sebagai Juara 1 Nasional dalam Sayembara Ruang Kreatif Hijau yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia. Setiap tahunnya Prodi PWK ITS mengirim beberapa mahasiswanya untuk mengikuti program Student Exchange ke beberapa negara seperti Jepang, Korea, Perancis dan lain-lain.


Blog Search