BERITA


HARI ANGKUTAN NASIONAL


Posted on 2016-11-24 13:00:20



Dibalik kemegahan kota metropolitan Surabaya, kemacetan kota merupakan fenomena yang sering dijumpai sehari-hari bahkan sudah bukan menjadi suatu ‘keanehan’ lagi. Setiap melintasi koridor jalan-jalan di Surabaya tidak akan pernah lepas dari kepulan-kepulan asap kendaraan yang memenuhi dan menyerang kerongkongan bagi setiap pengguna jalan. Data Satlantas Polrestabes Surabaya (2010) menyebutkan bahwa jumlah panjang jalan di seluruh Surabaya hanya 2.096.690 meter atau 2.096,69 km saja. Namun jumlah ranmor mulai motor, truk, mobil angkutan dan mobil beban hingga September 2010 lalu sudah mencapai 3.895.061 unit. Jika semua kendaraan itu dijajar di jalan raya panjangnya bisa mencapai 10.923.543 m atau 10.923,5 km. Lantas 8826,81 km nya milik siapa?

Pembangunan MRT merupakan salah satu rencana pembangunan yang sedang dilakukan oleh pemerintah kota Surabaya. Moda yang didesain dalam “Suro” Trem dan “Boyo” Rail ini menunjukkan ciri khas kota Surabaya yang dilambangkan oleh ikan hiu dan buaya ini. Pembangunan MRT di Surabaya ini diharapkan mampu mengurangi kepadatan jumlah kendaraan di jalan yang juga mampu meningkatkan kapasitas transportasi publik. Selain itu, dengan terealisasinya MRT nantinya secara perlahan akan dapat merubah perilaku masyarakatnya dengan mengalihkan pola penggunaan kendaraan pribadi untuk beralih ke transportasi masal.

Menurut ahli ekonomi dan statistik ITS surabaya, Kresnayana Yahya, hal tersebut sebaik nya dapat segera teralisasi. Jika LRT dan MRT terwujud, maka kota Surabaya akan meng­alami pertumbuhan ekonomi hingga 7 persen. Hal ter sebut bisa terwujud ka­rena, lanjutnya, pengem­bangan dan peningkatan angkutan massal menjadi salah satu faktor pertum­buhan ekonomi di suatu daerah. “Kehadiran LRT dan MRT, kemacetan di Sura­baya akan terurai. Saat ini kemacetan 60 persen di­dominasi oleh motor, se­dangkan 40 persen lainnya roda empat. Jadi, pengak­tifan jalur trem dan pem­bangunan LRT ini bakal menyerap potensi penum­pang yang menggunakan kendaraan pribadi,”
Simak nih visual rencana jalur pembangunan suro trail dan boyo rail disurabaya

Blog Search